Jumat, 12 Oktober 2012

contoh makalah sirkulasi


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 latar Belakang
Sirkulasi berasal dari bahasa yunani “circulation “  Yang merupakan proses pertukaran, proses keluar masuk, dan proses perputaran. Sirkulasi menurut Ilmu Perpustakaan adalah suatu proses kegiatan  dengan pemanfaatan penggunaan koleksi dengan tepat guna, tepat waktu untuk kepentingan pengguna jasa perpustakaan. Perpustakaan  sekolah sebagai salah satu unit kerja di lingkungan sekolah harus mendukung dan sejalan  tugas-tugas sekolah, karena tugas-tugas sekolah sudah jelas tertuang dalam kurikulum sekolah, maka dengan sendirinya perpustakaan sekolah sanggup mendukung kurikulum sekolah. Kurikulum dalam hal ini adalah sejumlah program pembelajaran yang harus dicapai dan dilaksanakan oleh sekolah sesuai dengan jenjang waktu yang telah ditetapkan. Secara formal kurikulum sekolah terjabar dalam sederetan pelajaran bahasa Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam menyongsong program pelajaran yang diajarkan di sekolah, dibutuhkan perpustakan yang lebih baik yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung perpustakaan.
Isi dari  perpustakaan sekolah itu bermacam-macam yaitu buku-buku paket yang terdiri dari berbagai mata pelajaran selain itu ada juga buku penunjang yang saling berhubungan, serta buku cerita yang dapat dimanfaatkan olah siswa. Selain itu di perpustakaan juga terdapat koran dan majalah serta kamus.

1.2 Rumusan Masalah
      Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pemanfaatan Perpustakaan dan sirkulasi / pelayanan  perpustakaan sekolah  di SMP N. 11 Bengkulu.

1.3 Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam Sirkulasi pelayanan perpustakaan sekolah di SMP N.11 Bengkulu  yaitu:

1.      Petugas (Stuktur Organisasi)
2.      Peraturan Berlaku
3.      Sistem layanan
4.      Jenis Layanan
5.      Jenis Info yang disediakan
6.      Kendala / hambatan
7.      Solusi

1.4 Tujuan Penelitian
Sesuai dengn masalah penelitian yang dikemukakan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam Sirkulasi pelayanan perpustakaan sekolah di SMP N.11 Bengkulu

1.5 Manfaat Penelitian
            Penelitian ini bermanfaat untuk :
  1. Memberikan masukan bagi sekolah tentang Sirkulasi pelayanan perpustakaan sekolah yang dapat menambah pengetahuan siswa.
  2. Pedoman bagi kita bahwa perpustakaan sekolah sangat membantu siswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang sedang ia jalani
  3. Sebagai bahan informasi tambahan bahwa perpustakaan sekolah memang erat kaitannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

1.6 Definisi Istilah
a. Sirkulasi / pelayanan  merupakan suatu proses kegiatan  dengan pemanfaatan penggunaan koleksi dengan tepat guna, tepat waktu untuk kepentingan pengguna jasa perpustakaan.
b.Perpustakaan sekolah adalah sebuah ruang, bagian atau bagian dari sebuah gudang, atau gudang itu sendiri dan digunakan untuk menyimpan buku, biasanya disusun menurut susuanan tetentu serta digunakan untuk anggota perpustakan.



BAB II
LANDASAN TEORI

A.    Petugas (Stuktur Organisasi)

Stuktur Organisasi SMP N. 11 Kota Bengkulu
Tahun Ajaran 2010 / 1011

 



































                                                                                                      
            Adapun Petugas yang menetap di perpustakaan tersebut berjumlah 2 (dua) orang..yang bernama  Maniati A.Md dan Hj. Siti Rupinah.

B.     Peraturan Berlaku
                   Peraturan yang berlaku di Perpustakaan SMP N. 11 Kota Bengkulu tersebut adalah :
Ø  Dalam peminjaman buku – buku paket, Biasanya bisa dipinjam sebanyak 4 / 5 buku dan dalam jangka waktu yang lama. Sekitar 1 tahun dan peminjaman buku – buku  paket tersebut hanya bisa dipinjamkan  kepada pegawai – pegawai yang menetap di sekolah tersebut beserta siswa – siswinya. Tidak boleh dipinjam sama bukan anggota.
Ø  Dalam peminjaman buku – buku bacaan, biasanya dipinjamkan sebanyak 2 buku untuk siswa – siswinya, sedangkan untuk para guru2 / pegawai disana sebanyak 4 – 5 buku dan  hanya bisa dipinjam oleh siswa – siswi disana dengan  diberikan  jangka waktu selama 3 hari dengan syarat membawa kartu anggota. Apabila terlambat mengembalikan, maka akan dikenakan sangsi berupa denda Rp 1000,- dalam setiap bukunya. Tidak boleh dipinjam sama bukan anggota.
Ø  Perpustakaan disekolah tersebut dibuka pada jam dinas (07.30 WIB) sampai jam pulang dinas ( 13.00 WIB)

C.    Sistem Layanan
         Sistem layanan yang digunakan di perpustakaan SMP N. 11 kota Bengkulu adalah system layanan Terbuka. Adapun system layanan terbuka (open access) itu adalah Suatu system yang digunakan untuk lembaga dimana pengguna langsung mencari sendiri info dengan bebas, info apa saja yang mereka butuhkan.
Ø  Kelebihan dari system terbuka adalah :
1.      Pengguna bisa mencari koleksi / info dengan sendirinya.
2.      Kartu catalog tidak mudah rusak.
3.      Hemat Tenaga
4.      Petugas akan mengetahui judul – judul koleksi apa saja yang diminati oleh pengguna.
5.      Petugas akan mengetahui koleksi apa saja yang dipinjam pengguna.
6.      Pengguna bisa mencari pengganti koleksi yang tidak ditemukan dengan koleksi yang lain.
7.      Kecil kemungkina terjadi masalah antar petugas dan pengguna.

Ø  Kekurangan dari system layanan terbuka ( Open Access ) adalah :
1.      Koleksinya cepat rusak
2.      Harus mempunyai ruangan yang besar
3.      Susunannya tidak teratur
4.      Pengguna sering kebingungan karena susunan koleksi tidak tertata rapi.

D.    Jenis Layanan
Jenis layanan yang digunakan di Perpustakaan SMP N. 11 Bengkulu tersebut adalah
Layanan Bagian Sirkulasi Umum dan layanan Bagian sirkulasi khusus dimana perpustakaan tersebut bisa memberikan manfaat berupa :
1.      Memberikan pelayanan yang prima kepada anggota
2.      Memberikan kesempatan kepada pengguna untuk dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan semaksimal mungkin
3.      Mengetahui identitas peminjam
4.      Terjaminnya pengembalian koleksi dalam waktu yang ditentukan
5.      Terjaganya kenyamanan
6.      Diperoleh data kegiatan
7.      Sanksi apabila terjadi pelanggaran
Biasanya setiap siswa apabila tidak ada kegiatan dan banyak tugas yang diberikan oleh guru ia memanfaatkan perpustakan sekolah untuk membaca buku. Mamabaca sangat menunjang siswa dalam pendidikan  dan mamabha pengetahuan selain itu  materi yang diberikan oleh guru dalam kegiatan proses belajar mengajar disekolah. Denganb seringnya siswa membaca di ruang perpustakaan  akan lebih berguna bagi dirinya  dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah karena ia sudah tahu apayang akan diajarkan oleh guru terutama mata pelajaran bahasa Indonesia yang jumlah bukunya cukup memadai.

-          Jenis Buku yang Dipinjam
Buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah sangat banyak, sehingga siswa diperbolehkan untuk meminjamnya. Salah satu buku-buku yang berhubungan dengan mata pelajaran serta buku penunjangyang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas, buku yang fiksi dan non fiksi juga tersedia siswa yang ingin membaca dan meminjam.
Dengan seringnya atau aktifnya siswa meminjam bebagai buku yang ada akan menambah berbagai ilmu untuk dirinya dalam mengejar pendididkan yang berguna bagi bangasa dan Negara.
-          Jenis buku yang dibaca
Kita ketahui bahwa bermacam-macam buku yang ada di perpustakaan sekolah membuat siswa untuk membaca berbagi jenis buku yang ada. Jenis buku yang dibaca itu apakah buku cerita maupun buku paket yang berhubungan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan membaca jenis  buku yang ada dapat memperoleh berbagai informasi yang ada.
Di perpustakaan sekolah juga bersedia Koran, majalah, kamus dan buku yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Guru dan personil yang lainnya dapat meminjam berbagai jenis buku yang ada untuk menunjang proses belajar di sekolah. Biasanya jenis buku yang dibaca di perpustakaan sekolah sulit juga dimengherti, terutama bagis iswa yang pengetahuannya tidak begitu luas. Apalagi buku-buku tersebut tidak begoitu diketahui oleh siswa. Jenis buku yang dibaca oleh siswa biasanya bersangkutan dengan materi yang diberikan oleh guru sebelum dan sesudahnya
Tiap pengunjung perpustakaan sekolah biasanya disediakan buku khusus bagi tamu yang kedatangannya bukan untuk meminjam buku, melainkan untuk keperluan lain seperti peninjau, penilai dan sebagainya. Buku ini sama dengan buku pengunjung dengan ditambah kolom tujuan dan maksud.
-          Frekuensi Peminjaman
Peminjaman buku diperpustakaan sekolah mempunyai prosedur yang harus dilalui bagi setiap peminjaman. Buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah bagi siswa diperbolehkan meminjasm sesuai tujuan yang ingin dicapainya. Siswa yang meminjam buku dicatat bagi pustakawan, sehungga dapat dilihat frekuensi dari peminjaman buku tersebut, misalnya frekuensi siswa yang meminjam buku yang berhubuang dengan buku bahasa Indonesia atau mata pelajaran bahasa Indonesia.
Dengan adanya prosedur tersebut peminjaman buku di perpustakaan sekolah  sehingga dapat dilihat freuensi dari peminjaman. Berapa jumlah buku yang dipinjam oleh siswa dapat dilihat dari cacatan yang ada baik dalam seminggu maupun dalam satubulan.
-          Aktivitas Membaca di Ruang Perpustakaan
Siswa yang mengunjungi perpustakaan sekolah dengan tujuan yang berbeda-beda yaitu ada yang ingin membaca di ruangan tersebut dan ada juga yang tujuannya untuk meminjam. Di lihat dari aktivitas siswa membaca di ruang perpustakaan sangat banyak, karea siswa tersebut ingin menambah wawasan dan menambah informasi yang tidak tahu manjadi tahu, membaca di ruangan perpustakaan sangat bermanfaat apabila rungan tersebut tidak rebut
-           Frekuensi Kunjungan
Mengunjungi perpustakaan sekolah sangat bermanfaat bagi siswa dan personil lainnya untuk menambah wawasan dan menunjang pendidikan. Tiap pengunjung perpustakaan biasanya disediakan buku tamu yang berguna untuk melihat frekuensi kunjungan setiap hatinya atau untuk melengkapi laporan tentang perlunya jumlah pengunjung perpustakaan.
Frekuensi kunjungan  dapat dilihat  dari buku  yang tersedia. Dalam melihat buku tamu tersebut kita ketahui berapa akali dalam satu minggu sioswa mengunjungi perpustakaan, dan berapa kali dalam sebulannya, karena tidak setiap harinya siswa mengunjungi perpustakaan. Alasan siswa untuk mengisi jam kosong, untuk membuat tugas, keinginan sendiri, disuruh oleh guru yang bersangkutan dan bermacam-macam alasan yang ada





E.     Jenis Info yang Disediakan
          Adapun jenis info yang disediakan di perpustakaan tersebut berupa buku – buku pendidikan dan bacaan. Ada juga berupa bahan non buku misalnya, peta, globe, Koran dll yang bisa digunakan sebagaimana mestinya agar bisa mempermudah para pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkannnya.

F.     Kendala / Hambatan
           Di perpustakaan SMP N. 11 Bengkulu memiliki beberapa kendala dan hambatan dalam memaksimalkan pelayanannya berupa :
1.      Kekurangan bahan pustaka atau bantuan dari dana BOS yang sedikit / tidak mencukupi dengan kebutuhan
2.      Kekurangan rak buku sehingga buku – buku yang lam disimpan di gudang.
3.      Mempunyai Box catalog tetapi tidak tersusun. Hanya sebagai pajangan saja.
4.      Hanya sebagian buku yang mempunyai nomor punggung buku.

G.    Solusi
         Adapun solusi yang di usulkan kepada perpustakaan SMPN. 11 Bengkulu adalah :
1.      Mereka berharap agar bisa mendapatkan sumbangan – sumbangan buku dari dana  BOS tetapi tidak ditentukan judulnya yang penting bisa berguna sebagai bahan bacaan.
2.      Diharapkan agar masyarakat setempat / yang tinggal didekat SMPN 11 bengkulu, bisa memberikan sumbangan buku yang masih layak dipakai guna untuk memperbanyak koleksi – koleksi buku yang ada diperpustakaan tersebut sebagai bahan bacaan.
3.      Hendaknya pemerintah bisa memberikan sumbangan dana yang berguna untuk membangun  ruang perpustakaan tersebut agar bisa lebih nyaman dan memadai supaya pembaca lebih nominal untuk datang ke perpustakaan tersebut. 




BAB III
PENUTUP

Ø    Penutup
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan perpustakaan sekolah adalah membantu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap guru dan siswa dengan jalan menyediakan bahan pustaka yang dapat menimbulkan minat baca dan menambah pengetahuan serta alat informasi yang sekaligus akan meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Perpustakaan sekolah adalah suatu unit kerja yang merupakan bagian dari lembaga pendidikan sekolah yang berupa temapat menyimpan koleksi  bahan pustaka yang dikelolah dan diataur  secara sistematis dengan cara tetentu untuk digunakan oleh siswa dan guru sebagai sumbar informasi dalam rangka menunjang program belajar mengajar disekolah.
Tiap pengunjung perpustakaan sekolah biasanya disediakan buku khusus bagi tamu yang kedatangannya bukan untuk meminjam buku, melainkan untuk keperluan lain seperti peninjau, penilai dan sebagainya. Buku ini sama dengan buku pengunjung dengan ditambah kolom tujuan dan maksud.


Ø  SARAN
             Dengan adanya Penyuluhan ini diharapkan dapat membantu dalam memahami Pendekatan Promosi Kesehatan Untuk Perawatan Payudara Pada Masa Ibu Nifas. Dan apabila terdapat keselahan dan kekurangan pada Penyuluhan ini mohon dimaafkan karena tidak ada gading yang tak retak dan tak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan itu hanya milik sang pencipta dan kekurangan hanya milik kita semua makhluknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar