BAB I
PENDAHULUAN
1.1 latar Belakang
Sirkulasi berasal dari bahasa yunani “circulation “ Yang merupakan proses pertukaran, proses
keluar masuk, dan proses perputaran. Sirkulasi menurut Ilmu Perpustakaan adalah
suatu proses kegiatan dengan pemanfaatan
penggunaan koleksi dengan tepat guna, tepat waktu untuk kepentingan pengguna
jasa perpustakaan. Perpustakaan sekolah
sebagai salah satu unit kerja di lingkungan sekolah harus mendukung dan
sejalan tugas-tugas sekolah, karena
tugas-tugas sekolah sudah jelas tertuang dalam kurikulum sekolah, maka dengan
sendirinya perpustakaan sekolah sanggup mendukung kurikulum sekolah. Kurikulum
dalam hal ini adalah sejumlah program pembelajaran yang harus dicapai dan
dilaksanakan oleh sekolah sesuai dengan jenjang waktu yang telah ditetapkan. Secara formal kurikulum sekolah
terjabar dalam sederetan pelajaran bahasa Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan
guru dan siswa dalam menyongsong program pelajaran yang diajarkan di sekolah,
dibutuhkan perpustakan yang lebih baik yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung
perpustakaan.
Isi dari perpustakaan sekolah itu
bermacam-macam yaitu buku-buku paket yang terdiri dari berbagai mata pelajaran
selain itu ada juga buku penunjang yang saling berhubungan, serta buku cerita
yang dapat dimanfaatkan olah siswa. Selain itu di perpustakaan juga
terdapat koran dan majalah serta kamus.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan
masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pemanfaatan
Perpustakaan dan sirkulasi / pelayanan
perpustakaan sekolah di SMP N. 11
Bengkulu.
1.3 Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada pemanfaatan
perpustakaan sekolah dalam Sirkulasi pelayanan perpustakaan sekolah di SMP N.11
Bengkulu yaitu:
1.
Petugas (Stuktur Organisasi)
2.
Peraturan Berlaku
3. Sistem layanan
4.
Jenis Layanan
5.
Jenis Info yang disediakan
6.
Kendala / hambatan
7.
Solusi
1.4 Tujuan Penelitian
Sesuai dengn masalah penelitian yang dikemukakan di
atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang
pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam Sirkulasi pelayanan perpustakaan sekolah
di SMP N.11 Bengkulu
1.5 Manfaat Penelitian
Penelitian
ini bermanfaat untuk :
- Memberikan masukan bagi sekolah tentang Sirkulasi pelayanan perpustakaan sekolah yang dapat menambah pengetahuan siswa.
- Pedoman bagi kita bahwa perpustakaan sekolah sangat membantu siswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang sedang ia jalani
- Sebagai bahan informasi tambahan bahwa perpustakaan sekolah memang erat kaitannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.
1.6 Definisi Istilah
a. Sirkulasi / pelayanan merupakan suatu proses kegiatan dengan pemanfaatan penggunaan koleksi dengan
tepat guna, tepat waktu untuk kepentingan pengguna jasa perpustakaan.
b.Perpustakaan
sekolah adalah sebuah ruang, bagian atau bagian dari sebuah gudang, atau
gudang itu sendiri dan digunakan untuk menyimpan buku, biasanya disusun menurut
susuanan tetentu serta digunakan untuk anggota perpustakan.
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Petugas (Stuktur Organisasi)
Stuktur Organisasi SMP N. 11 Kota
Bengkulu
Tahun Ajaran 2010 / 1011
Adapun Petugas yang menetap di
perpustakaan tersebut berjumlah 2 (dua) orang..yang bernama Maniati A.Md dan Hj. Siti Rupinah.
B.
Peraturan
Berlaku
Peraturan yang berlaku
di Perpustakaan SMP N. 11 Kota Bengkulu tersebut adalah :
Ø
Dalam peminjaman buku – buku paket, Biasanya
bisa dipinjam sebanyak 4 / 5 buku dan dalam jangka waktu yang lama. Sekitar 1
tahun dan peminjaman buku – buku paket
tersebut hanya bisa dipinjamkan kepada
pegawai – pegawai yang menetap di sekolah tersebut beserta siswa – siswinya.
Tidak boleh dipinjam sama bukan anggota.
Ø
Dalam peminjaman buku – buku bacaan, biasanya
dipinjamkan sebanyak 2 buku untuk siswa – siswinya, sedangkan untuk para guru2
/ pegawai disana sebanyak 4 – 5 buku dan hanya bisa dipinjam oleh siswa – siswi disana
dengan diberikan jangka waktu selama 3 hari dengan syarat
membawa kartu anggota. Apabila terlambat mengembalikan, maka akan dikenakan
sangsi berupa denda Rp 1000,- dalam setiap bukunya. Tidak boleh dipinjam sama
bukan anggota.
Ø
Perpustakaan disekolah tersebut dibuka pada jam
dinas (07.30 WIB) sampai jam pulang dinas ( 13.00 WIB)
C.
Sistem
Layanan
Sistem layanan yang digunakan di perpustakaan SMP N. 11 kota
Bengkulu adalah system layanan Terbuka. Adapun system layanan terbuka (open
access) itu adalah Suatu system yang digunakan untuk lembaga dimana pengguna
langsung mencari sendiri info dengan bebas, info apa saja yang mereka butuhkan.
Ø Kelebihan
dari system terbuka adalah :
1. Pengguna
bisa mencari koleksi / info dengan sendirinya.
2. Kartu
catalog tidak mudah rusak.
3. Hemat
Tenaga
4. Petugas
akan mengetahui judul – judul koleksi apa saja yang diminati oleh pengguna.
5. Petugas
akan mengetahui koleksi apa saja yang dipinjam pengguna.
6. Pengguna
bisa mencari pengganti koleksi yang tidak ditemukan dengan koleksi yang lain.
7. Kecil
kemungkina terjadi masalah antar petugas dan pengguna.
Ø Kekurangan
dari system layanan terbuka ( Open Access ) adalah :
1. Koleksinya
cepat rusak
2. Harus
mempunyai ruangan yang besar
3. Susunannya
tidak teratur
4. Pengguna
sering kebingungan karena susunan koleksi tidak tertata rapi.
D.
Jenis
Layanan
Jenis layanan yang
digunakan di Perpustakaan SMP N. 11 Bengkulu tersebut adalah
Layanan
Bagian Sirkulasi Umum dan layanan Bagian sirkulasi khusus dimana perpustakaan
tersebut bisa memberikan manfaat berupa :
1. Memberikan
pelayanan yang prima kepada anggota
2. Memberikan
kesempatan kepada pengguna untuk dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan
semaksimal mungkin
3. Mengetahui
identitas peminjam
4. Terjaminnya
pengembalian koleksi dalam waktu yang ditentukan
5. Terjaganya
kenyamanan
6. Diperoleh
data kegiatan
7. Sanksi
apabila terjadi pelanggaran
Biasanya setiap siswa apabila tidak ada kegiatan dan
banyak tugas yang diberikan oleh guru ia memanfaatkan perpustakan sekolah untuk
membaca buku. Mamabaca sangat menunjang siswa dalam pendidikan dan mamabha pengetahuan selain itu materi yang diberikan oleh guru dalam
kegiatan proses belajar mengajar disekolah. Denganb seringnya siswa membaca di
ruang perpustakaan akan lebih berguna
bagi dirinya dalam melaksanakan proses
belajar mengajar di sekolah karena ia sudah tahu apayang akan diajarkan oleh
guru terutama mata pelajaran bahasa Indonesia yang jumlah bukunya cukup
memadai.
-
Jenis Buku yang
Dipinjam
Buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah sangat
banyak, sehingga siswa diperbolehkan untuk meminjamnya. Salah satu buku-buku
yang berhubungan dengan mata pelajaran serta buku penunjangyang digunakan dalam
proses belajar mengajar di kelas, buku yang fiksi dan non fiksi juga tersedia
siswa yang ingin membaca dan meminjam.
Dengan seringnya atau aktifnya siswa meminjam bebagai
buku yang ada akan menambah berbagai ilmu untuk dirinya dalam mengejar
pendididkan yang berguna bagi bangasa dan Negara.
-
Jenis buku yang
dibaca
Kita ketahui bahwa bermacam-macam buku yang ada di
perpustakaan sekolah membuat siswa untuk membaca berbagi jenis buku yang ada.
Jenis buku yang dibaca itu apakah buku cerita maupun buku paket yang
berhubungan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan membaca jenis buku yang ada dapat memperoleh berbagai
informasi yang ada.
Di perpustakaan sekolah juga bersedia Koran, majalah,
kamus dan buku yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas.
Guru dan personil yang lainnya dapat meminjam berbagai jenis buku yang ada
untuk menunjang proses belajar di sekolah. Biasanya jenis buku yang dibaca di
perpustakaan sekolah sulit juga dimengherti, terutama bagis iswa yang
pengetahuannya tidak begitu luas. Apalagi buku-buku tersebut tidak begoitu
diketahui oleh siswa. Jenis buku yang dibaca oleh siswa biasanya bersangkutan
dengan materi yang diberikan oleh guru sebelum dan sesudahnya
Tiap pengunjung perpustakaan sekolah biasanya
disediakan buku khusus bagi tamu yang kedatangannya bukan untuk meminjam buku,
melainkan untuk keperluan lain seperti peninjau, penilai dan sebagainya. Buku
ini sama dengan buku pengunjung dengan ditambah kolom tujuan dan maksud.
-
Frekuensi
Peminjaman
Peminjaman buku diperpustakaan sekolah mempunyai
prosedur yang harus dilalui bagi setiap peminjaman. Buku-buku yang ada di perpustakaan
sekolah bagi siswa diperbolehkan meminjasm sesuai tujuan yang ingin dicapainya.
Siswa yang meminjam buku dicatat bagi pustakawan, sehungga dapat dilihat
frekuensi dari peminjaman buku tersebut, misalnya frekuensi siswa yang meminjam
buku yang berhubuang dengan buku bahasa Indonesia atau mata pelajaran bahasa Indonesia .
Dengan adanya prosedur tersebut peminjaman buku di
perpustakaan sekolah sehingga dapat
dilihat freuensi dari peminjaman. Berapa jumlah buku yang dipinjam oleh siswa
dapat dilihat dari cacatan yang ada baik dalam seminggu maupun dalam satubulan.
-
Aktivitas
Membaca di Ruang Perpustakaan
Siswa yang mengunjungi perpustakaan sekolah dengan
tujuan yang berbeda-beda yaitu ada yang ingin membaca di ruangan tersebut dan
ada juga yang tujuannya untuk meminjam. Di lihat dari aktivitas siswa membaca
di ruang perpustakaan sangat banyak, karea siswa tersebut ingin menambah
wawasan dan menambah informasi yang tidak tahu manjadi tahu, membaca di ruangan
perpustakaan sangat bermanfaat apabila rungan tersebut tidak rebut
-
Frekuensi Kunjungan
Mengunjungi perpustakaan sekolah sangat bermanfaat
bagi siswa dan personil lainnya untuk menambah wawasan dan menunjang
pendidikan. Tiap pengunjung perpustakaan biasanya disediakan buku tamu yang
berguna untuk melihat frekuensi kunjungan setiap hatinya atau untuk melengkapi
laporan tentang perlunya jumlah pengunjung perpustakaan.
Frekuensi kunjungan
dapat dilihat dari buku yang tersedia. Dalam melihat buku tamu
tersebut kita ketahui berapa akali dalam satu minggu sioswa mengunjungi
perpustakaan, dan berapa kali dalam sebulannya, karena tidak setiap harinya
siswa mengunjungi perpustakaan. Alasan siswa untuk mengisi jam kosong, untuk
membuat tugas, keinginan sendiri, disuruh oleh guru yang bersangkutan dan
bermacam-macam alasan yang ada
E.
Jenis Info
yang Disediakan
Adapun jenis info yang disediakan di
perpustakaan tersebut berupa buku – buku pendidikan dan bacaan. Ada juga berupa
bahan non buku misalnya, peta, globe, Koran dll yang bisa digunakan sebagaimana
mestinya agar bisa mempermudah para pengguna dalam mencari informasi yang
dibutuhkannnya.
F.
Kendala /
Hambatan
Di perpustakaan SMP N. 11 Bengkulu
memiliki beberapa kendala dan hambatan dalam memaksimalkan pelayanannya berupa
:
1. Kekurangan
bahan pustaka atau bantuan dari dana BOS yang sedikit / tidak mencukupi dengan
kebutuhan
2. Kekurangan
rak buku sehingga buku – buku yang lam disimpan di gudang.
3. Mempunyai
Box catalog tetapi tidak tersusun. Hanya sebagai pajangan saja.
4. Hanya
sebagian buku yang mempunyai nomor punggung buku.
G.
Solusi
Adapun solusi yang di usulkan kepada
perpustakaan SMPN. 11 Bengkulu adalah :
1. Mereka
berharap agar bisa mendapatkan sumbangan – sumbangan buku dari dana BOS tetapi tidak ditentukan judulnya yang
penting bisa berguna sebagai bahan bacaan.
2. Diharapkan
agar masyarakat setempat / yang tinggal didekat SMPN 11 bengkulu, bisa
memberikan sumbangan buku yang masih layak dipakai guna untuk memperbanyak
koleksi – koleksi buku yang ada diperpustakaan tersebut sebagai bahan bacaan.
3. Hendaknya
pemerintah bisa memberikan sumbangan dana yang berguna untuk membangun ruang perpustakaan tersebut agar bisa lebih
nyaman dan memadai supaya pembaca lebih nominal untuk datang ke perpustakaan
tersebut.
BAB III
PENUTUP
Ø
Penutup
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan perpustakaan
sekolah adalah membantu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap
guru dan siswa dengan jalan menyediakan bahan pustaka yang dapat menimbulkan
minat baca dan menambah pengetahuan serta alat informasi yang sekaligus akan
meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Perpustakaan sekolah adalah suatu unit kerja yang merupakan
bagian dari lembaga pendidikan sekolah yang berupa temapat menyimpan
koleksi bahan pustaka yang dikelolah dan
diataur secara sistematis dengan cara
tetentu untuk digunakan oleh siswa dan guru sebagai sumbar informasi dalam
rangka menunjang program belajar mengajar disekolah.
Tiap pengunjung perpustakaan sekolah biasanya disediakan buku
khusus bagi tamu yang kedatangannya bukan untuk meminjam buku, melainkan untuk
keperluan lain seperti peninjau, penilai dan sebagainya. Buku ini sama dengan
buku pengunjung dengan ditambah kolom tujuan dan maksud.
Ø
SARAN
Dengan adanya Penyuluhan ini diharapkan
dapat membantu dalam memahami Pendekatan Promosi Kesehatan Untuk Perawatan
Payudara Pada Masa Ibu Nifas. Dan apabila terdapat keselahan dan kekurangan
pada Penyuluhan ini mohon dimaafkan karena tidak ada gading yang tak retak dan
tak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan itu hanya milik sang pencipta dan
kekurangan hanya milik kita semua makhluknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar